Tuesday 18 March 2014

Arema - Gusnul Yakin dan Rekornya di Arema


Kabar Aremania | Kabar Arema | Berita Arema | Arema | Aremania | Salam Satu Jiwa -  Hari ini, 17 Maret tepat 58 tahun yang lalu, pelatih kawakan Gusnul Yakin lahir di Malang. Siapa sangka jika pelatih yang identik dengan kepala gundulnya itu hingga saat ini memegang rekor di tim Singo Edan.

Pelatih yang pernah membawa Persibo Bojonegoro juara Divisi I Ligina 2007 itu merupakan pelatih segala zaman. Sebab, mulai era Galatama, Ligina, hingga Indonesia Super League dia pernah hadir di Arema.

Gusnul tercatat sebagai pelatih tersering yang keluar masuk tim kepelatihan Arema. Sejak klub itu berdiri pada 1987 lalu, Gusnul terhitung sudah lima kali menjabat sebagai pelatih kepala Arema.

Pertama melatih Arema pada 1993-1994, Gusnul dibebani target mempertahankan juara Galatama yang diraih Arema semusim sebelumnya. Namun pada musim itu Arema hanya finish di posisi 6 Grup Timur.

Di Liga Dunhill II (1995-1996), Gusnul datang lagi ke Arema sebagai pelatih. Namun lagi-lagi Arema gagal dibawanya lolos ke babak selanjutnya karena hanya menempati posisi 12 dari 16 tim di Wilayah Timur.

Sempat digantikan Suharno (pelatih Arema saat ini) selama semusim, Gusnul kembali ke Arema di Liga Indonesia 1997-1998. Alih-alih membawa Arema berprestasi, Ligina malah dihentikan karena kerusuhan politik.

Ligina 2003, Gusnul menggantikan Terry Wetton (Australia) di tengah jalan. Apes baginya, setelah Arema di-take-over PT Bentoel dari Alm Lucky Acub Zainal posisinya tergusur lantaran Arema terpuruk di jurang degradasi.

Era Indonesia Super League edisi perdana, Gusnul datang menggantikan Bambang Nurdiansyah yang gagal menaikkan performa tim. Kali ini Gusnul sukses menyelamatkan Arema dari degradasi kedua kalinya dan duduk di posisi 10.

Bagaimanapun prestasi yang dihadirkan, tentunya bagi sang pelatih asli Kera Ngalam itu, melatih Arema merupakan sebuah kebanggaan. Selamat ulang tahun, Coach Gusnul Yakin!!

0 comments:

Post a Comment