Friday 11 April 2014

Bobotoh-The Jakmania Damai, Aremania-Bonek Kapan?

Kabar Aremania | Kabar Arema | Berita Arema | Arema | Aremania | Salam Satu Jiwa - Kelompok suporter Persib Bandung, Bobotoh dan suporter Persija Jakarta atau yang dikenal dengan nama The Jakmania resmi berdamai, Jumat (11/04). Langkah ini harapannya bisa menular ke perdamaian seluruh suporter tanah air yang sering bertikai.

Perdamaian antara Bobotoh dan The Jakmania berlangsung di Kebon Raya Bogor disaksikan oleh Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat. Setidaknya ada enam butir kesepakatan yang disetujui kedua belah pihak suporter dalam ikrar damai tersebut.

Dari pihak klub masing-masing, baik Persib maupun Persija tentu menyambut baik langkah kongkrit para suporter ini. Hal ini disampaian oleh pihak Persib yang diwakili oleh Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S Taryono.

"Perdamaian ini merupakan cita-cita kami semuanya. Tidak hanya dari Persib saja, Persija pun berharap hal yang sama. Kami juga mendapat dukungan positif dari Polda Jawa Barat dan Polda Metro Jaya," ujar Kuswara dilansir dari laman resmi klub.

Dengan islahnya kedua kelompok suporter diharapkan tak ada lagi kesulitan dalam mengurus izin pertandingan serta hal-hal yang berkaitan dengan masalah non teknis. Masyarakat umum pun tak perlu was-was lagi saat laga panas Persib vs Persija digelar.

Sebenarnya ada tugas yang lebih berat lagi menanti semua pihak, terutama kedua kelompok suporter yang berdamai itu sendiri. Setidaknya, menjaga dan memelihara perdamaian itu mungkin akan lebih sulit daripada berdamai itu sendiri.

Yang terpenting lagi, apakah perdamaian Bobotoh-The Jakmania itu mampu memberikan efek domino terhadap pertikaian suporter lain di Indonesia. Lebih tepatnya, apakah setelah ini suporter Arema, Aremania dan suporter Persebaya Surabaya, Bonekmania ikut berdamai??

0 comments:

Post a Comment