Tuesday 15 April 2014

Perdamaian Aremania - Bonek : Sulit Tapi Bisa

Kabar Aremania | Kabar Arema | Berita Arema | Arema | Aremania | Salam Satu Jiwa - Kemarin sebagaimana yang kita ketahui telah terjadi kesepakatan damai alias islah antara dua musuh bebuyutan, Jak Mania dan Viking, tapi disini saya tidak mau membahas tentang islah kedua supporter yang telah berkonflik sejak awal 2000an ini.

Jauh ditarik kearah timur pulau jawa, terdapat juga salah satu permusuhan supporter yang tak kalah brutal dan bahkan telah terjadi sejak 80an. Permusuhan yang telah mengubah wajah peradaban Jawa Timur. Kita semua tentu sudah tahu betapa brutalnya konflik ini yang telah beberapa kali terjadi 'perang sipil' diantara keduanya.

Dan yang menjadi pertanyaan terbesar adalah "Sampai kapan konflik Aremania-Bonek ini akan berakhir?" Atau "bisakah konflik Aremania-Bonek ini diakhiri?" Sungguh akan sulit membayangkan permusuhan yang mempertaruhkan gengsi sesama Arek dari jawa timur ini berakhir damai jika cuma diikrarkan oleh para dedengkot kedua kubu.

Kuncinya adalah 'menjinakkan' supporter dari akar rumput, ini yang susah, karena terkadang supporter akar rumput terutama yang masih berusia belia memang sulit untuk dikontrol, dan jika anda bertanya "apakah konflik ini akan berakhir?" Saya akan jawab SULIT, tapi jika anda bertanya "apakah konflik ini bisa diakhiri?" Saya akan jawab BISA !!.

Kenapa tak bisa berakhir tapi bisa diakhiri? Karena menurut saya sebuah konflik tak akan bisa berakhir jika selalu ada balas membalas apalagi hal ini telah memakan banyak korban jiwa dan materi. Tapi menurut hemat saya masih ada celah agar konflik ini bisa diakhiri, yakni dengan bantuan 5 elemen yakni kedua manajemen klub, federasi, kepolisian, gubernur dan juga media.

Pihak kepolisian haruslah belajar banyak kepada kepolisian Inggris tentang bagaimana menanggulangi fans-fans yang 'nakal'. Peran federasi juga penting sebagai mediator dan juga pemberian sanksi tegas bagi supporter yang bandel.

Gubernur pun harus berperan karena hal ini menyangkut stabilitas keamanan wilayah teritorinya. Dan yang paling penting adalah pihak kepolisian sebagai penegak hukum yg harus bisa mencegah dan mengantisipasi segala potensi yang mungkin akan ditimbulkan oleh kedua pihak supporter.Kenapa peran pihak kepolisian ini sangat vital dalam mengakhiri konflik ini, karena kepolisian lah yang mempunyai hak untuk memberi efek jera terhadap pelaku kerusuhan dengan sanksi yang tegas.

Saya yakin jika pihak kepolisian bersungguh-sungguh ingin membantu mengakhiri konflik ini ditambah sinergi positif dari manajemen kedua klub, federasi, gubernur dan tentu saja media, bukan merupakan hal yang mustahil mimpi saya akan terwujud yakni mendukung tim kebanggan dan beradu kreativitas dengan Bonek Mania di Surabaya akan terwujud, semoga...

- See more at: http://ongisnade.co.id/2014/04/14/perdamaian-aremania-bonek-sulit-tapi-bisa#sthash.z3vXkVzX.dpuf

0 comments:

Post a Comment