Friday 21 February 2014

Poin Persebaya Dikurangi Tiga


Persebaya meradang, akibat dualisme dengan Persebaya 1927 yang melanda di periode 2012, tim asal Surabaya itu dikenai sanksi FIFA akibat tidak membayar gaji pemainnya, Serge Ngankou Elongo.

Serge Ngankou Elongo sebenarnya adalah pemain dari Persebaya 1927, namun dengan kondisi tim yang dibubarkan, akhinya Persebaya yang saat ini berjuang di wilayah timur harus menerima nasib ini. Serge adalah mantan pemain Persebaya di musim 2009 yang saat itu dipimpin Saleh, dan Cholid Goromah sebagai direktur utama. Elongo bahkan sempat ditahan pihak imigrasi, karena tidak memiliki biaya untuk kembali ke Kamerun.

Elongo tercatat sebagai pemain asing Persebaya pada kompetisi Divisi Utama 2007. Selain dikurangi poin, Persebaya diwajibkan melunasi hak Elongo sebesar Rp225 juta plus denda lima persen per tahun.

Keputusan tersebut dikeluarkan Komdis FIFA pada 5 Februari 2014. Mengingat, Persebaya tidak memenuhi permintaan lembaga Dispute Resolution Chamber (DRC) FIFA pada 17 Agustus 2012.

"Terkait keputusan ini, posisi PT Liga Indonesia adalah tunduk dan patuh atas perintah FIFA dan segera mengeksekusi keputusan tersebut. Khususnya mengurangi tiga poin Persebaya di klasemen wilayah timur ISL 2014," ucap Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia.

Imbasnya, posisi Persebaya pun ikut melorot ke posisi delapan klasemen wilayah timur dengan empat poin. Sebelumnya, tim yang dilatih Rahmad Darmawan ini telah mengoleksi poin tujuh.

0 comments:

Post a Comment