Monday 2 June 2014

Ketika Dua Sponsor Apparel Ada Dalam ISL 2014

Kabar Aremania | Kabar Arema | Berita Arema | Arema | Aremania | Salam Satu Jiwa - Partai Arema melawan Persija Jakarta yang digelar di Stadion Kanjuruhan Malang (18/05) mutlak menjadi kesuksesan tuan rumah. Singo Edan menorehkan beberapa catatan positif diantaranya sukses menyelenggarakan pertandingan dengan aman dan tertib, serta keberhasilan Arif Suyono, dkk memetik tiga poin dari pertandingan tersebut.

Keberhasilan Arema memacu atensi publik. Di stadion Kanjuruhan, Aremania yang hadir menyambut meriah kemenangan yang diperoleh Singo Edan. Sementara tak sedikit para suporter lainnya yang bersuka cita lewat berbagai media sosial di dunia maya.

Namun dibalik perayaan kemenangan yang semarak, terselip satu cerita menarik. Andi Bachtiar Yusuf, seorang sineas muda yang mengorbitkan film The Conductor sempat melempar salah satu twit berbunyi "Jersey tuan rumah Joma, tapi iklan di boardnya Nike. Yakin banget cuman di Indonesia neh #kearifanlokal".

Lewat media twitter, Ucup, sapaan akrab Andi Bachtiar melontarkan keheranannya atas peristiwa unik yang terjadi pada pertandingan Arema vs Persija(18/05) tersebut. Pada laga yang disiarkan langsung salah satu TV swasta memang terlihat adanya slide iklan a-board yang menampilkan logo apparel ternama di dunia yang berbentuk semacam "check" ataupun "contreng/centang".

Hal kontrakdiktif terjadi karena Arema sendiri sudah disponsori oleh Joma. Musim ini produsen apparel asal Spanyol tersebut telah meneken perjanjian kerjasama penyediaan jersey dan piranti tim lainnya sebanyak ribuan item.

Salah satu kurator jersey Indonesia dan product reviewer Bolatotal, Angga E. Wirastomo mengaminitwit Ucup. Ia ikut memberikan pandangannya lewat akun twitter pribadinya, "A-board di pinggir lapangan seharusnya menjadi wewenang klub. Karena itu, a-board tersebut seharusnya berisi sponsor yang terkait dengan klub".

"Di liga primer misalnya, kita tidak akan menemui Nike, yang menjadi sponsor apparel wasit dan bola, muncul pada a-board pertandingan kandang Liverpool (Musim 2013-14 Warrior mensuplai kebutuhan apparel klub). Perkecualian untuk event sekelas UEFA Champions League, a-boardseragam karena kompetisi dikoordinasi dengan penyelenggara turnamen", tambahnya.

Angga juga memaparkan ketika Mario Gotze diperkenalkan Bayern Muenchen sebagai pemainnya dengan menggunakan kaus berlogo Nike, pihak Adidas marah besar. Pasalnya Adidas telah menjalin kontrak apparel dengan klub berjuluk FC Hollywood tersebut.
Lay-Out A-Board untuk Divisi Utama Liga Indonesia 2007. Source : Manual BLI 2007
Pendapat yang sedikit berbeda dikemukakan rekan saya Abi Yazid, fotografer WEAREMANIA yang juga wartawan salah satu media online olahraga tersebut mengemukakan, masing-masing klub mendapatkan share dari sponsorship kompetisi di awal musim.

Adanya share sponsorship kompetisi sedikit membantu keuangan klub. Tak seluruh klub peserta kompetisi memiliki daya jual yang tinggi dimata sponsor. Tak jarang beberapa a-board pertandingan yang mereka kelola masih kosong (belum terjual-red).

Abi juga menambahkan, untuk musim ini baik Joma maupun Nike sama-sama menjadi salah satuofficial sponsor ISL. Joma selain menjadi penyedia apparel bagi Arema, juga menjadi penyediaapparel bagi para wasit yang bertugas di ISL musim ini.

Memang pada akhirnya akan muncul sebuah pertanyaan, mengapa PSSI tak menjalin kerjasama sponsor apparel hanya kepada salah satu produsen saja. Apparel seperti Nike tentunya tak bermasalah dalam menyediakan kebutuhan jersey wasit dan bola sekaligus.
Layout Aboard ISL
Memang sejauh ini operator kompetisi memang tak mempermasalahkan adanya dua sponsorapparel yang tampil dalam pertandingan liga. Regulasi ISL 2014, Pasal 67 yang berkaitan dengan materi promosi mendukung tampilnya dua sponsor apparel diatas dalam pertandingan Liga Super Indonesia musim ini.

Pada aturan tersebut, larangan berlaku untuk penempatan materi promosi yang sejenis dengan titlesponsor ISL. Untuk musim kompetisi 2014 ini, ISL menjalin mitra strategis dengan BV Sports yang tidak bergerak dalam satu bidang bisnis yang sama dengan para sponsor apparel diatas.

Barangkali PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi memiliki pertimbangan lain dalam menentukan untung rugi kerjasama kedua sponsor apparel tersebut.

0 comments:

Post a Comment